1.PENGUASAAN MATERI
Guru yang efektif harus
berpengetahuan, fleksibel, dan memahami materi. Tentu saja, pengetahuan
subjek materi tidak hanya mencakup fakta, istilah, dan konsep umum.
Ini juga membutuhkan pengetahuan dasar pengorganisasian materi,
mengkaitkan berbagai gagasan, cara berpikir dan berargumentasi.
2.STRATEGI PEMBELAJARAN
Dalam hal ini bagaimana guru dapat
membuat pengajaran materi dapat dikuasai oleh murid. Pada pendidikan
model lama (tradisional) terlalu menekankan murid harus duduk diam,
menjadi pendengar pasif dan menyuruh murid untuk menghafal informasi
yang relevan dan tidak relevan. Kemudian berganti pada prinsip
konstruktivisme, yaitu menekankan agar murid secara aktif menyusun dan
membangun pengetahuan dan pemahamannya. Namun tidak semua ahli setuju
dengan cara di atas, tetapi yang terpenting adalah walaupun anda
menggunakan salah satu strategi di atas, masih banyak hal yang harus
diketahui, hal-hal yang memberikan pengaruh dalam pengajaran yang
efektif.
3.PENETAPAN TUJUAN
Guru yang efektif tidak sekadar
mengajar di kelas, entah dia menggunakan perspektif tradisional atau
konstruktivisme di atas. Mereka juga harus menentukan tujuan
pembelajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.
4.KEAHLIAN MENEJEMEN KELAS
Aspek penting lainnya untuk menjadi
guru yang efektif adalah mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan
mengorientasikan kelas ke tugas-tugas. Guru yang efektif dapat
mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif.
5.KEAHLIAN MOTIFASI
Guru yang efektif mempunyai strategi
yang baik untuk memotivasi murid agar mau belajar. Guru yang efektif
tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang
sesuai dengan minatnya. Guru yang baik akan memberi kesempatan murid
untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk proyek mereka sendiri.
6.KEAHLIAN KOMUNIKASI
Hal yang perlu diperlukan untuk
mengajar adalah keahlian dalam berbicara, mendengar, mengatasi hambatan
komunikasi verbal, memahami komunikasi non verbal dari murid, dan
memapu memecahkan konflik secara konstruktif.
7.KEAHLIAN TEKNOLOGI
Guru yang efektif tahu cara
menggunakan komputer dan cara mengajar murid menggunakan komputer untuk
menulis dan berkreasi. Teknologi itu sendiri tidak selalu meningkatkan
kemampuan belajar murid perlu kesesuaian antara kurikulum dengan
teknologi yang sesuai dalam pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar